Sabtu, 16 Juni 2018

Royal Baby

Seperti yang sudah diketahui, pada bulan September 2017, Kensington Palace memberikan pengumuman secara tertulis jika Prince George & Princess Charlotte mau punya adek bayi. Penantian panjang para royaltis berakhir pada 23 April 2018 saat Duchess of Cambridge melahirkan anak ketiganya di St Mary Hospital. Seperti saat kelahiran Charlotte, Duchess of Cambridge datang di pagi hari dan setelah melahirkan langsung pulang. Momen dimana para jurnalis menunggu penampilan perdana anak ketiga Prince William ini sempat disiarkan live. Sebelum diperkenalkan di depan umum, Prince George & Princess Charlotte diajak Prince William untuk menengok ibu & new born prince. Momen tersebut sempat terabadikan kamera jurnalis.



Dilihat dari 2 gambar di atas, sudah kelihatan kalau Charlotte suka menyapa jurnalis dengan melambaikan tangannya, sedangkan George lebih memilih untuk jalan biasa karena pemalu. Sekitar 30 menit berselang sejak kedatangan George & Charlotte, akhirnya penantian panjang para royaltis terbayarkan dengan tampilnya Duke & Duchess of Cambridge di Lindo Wing.


Lindo Wing ini menjadi tempat sangat populer untuk para orangtua baru berfoto karena dari pintu itulah keluar para penerus keluarga kerajaan Inggris. 
Jika kalian mau mengamati langsung, selimut yang dipakai Prince Louis itu selimut yang sama digunakan oleh kedua kakaknya saat keluar dari rumah sakit. Perbandingannya bisa dilihat pada gambar di bawah. 



Untuk memeringati hari kelahiran Prince of United Kingdom, maka dilakukan beberapa perayaan sederhana, seperti:
  • Penembakan meriam di taman Hyde Park London
  • Lampu yang menyinari The London Eye berubah menjadi warna bendera Inggris (merah, putih, biru) dan diakhiri warna biru yang menjadi simbol lahirnya penerus tahta kerajaan
  • BT Tower mengeluarkan tulisan "It is a boy" di puncak menara
Untuk nama resmi anak ketiga Prince William baru diumumkan pada 27 April 2018 yaitu Prince Louis Arthur Charles. Banyak fans ataupun media yang mempertanyakan kenapa Prince William menggunakan nama belakang George sebagai nama pertama anak ketiganya. Namun tidak dijelaskan secara pasti alasannya, kemungkinan besar karena William menyukai nama Louis atau sebagai penghormatan ke pamannya Prince Phillip yaitu Louis Mounbatten (FYI. Louis Mounbatten sangat berperan dalam menjodohkan Elizabeth & Phillip, beliau juga yang memberikan saran ke Phillip untuk melepaskan kewarganegaraan Yunani dan statusnya sebagai Prince of Greece and Denmark lalu mengambil kewarganegaraan Inggris dan mengambil nama keluarga ibunya yaitu Mounbatten. Selain itu, Louis Mounbatten memiliki hubungan yang dekat dengan Prince Charles).

Dengan lahirnya Prince Louis ada beberapa tradisi yang keluar jalur karena terdapat peraturan baru yang merujuk pada Perth Agreement. Isi utama dari Perth Agreement adalah:
"Amendments to the royal succession laws, namely, replacing male-preference primogeniture, under which male descendants take precedence over females in the line of succession, with absolute primogeniture; ending the disqualification of those married to Roman Catholics; and limiting the number of individuals in line to the throne requiring permission from the sovereign to marry."
Intinya kurang lebih adalah:

  1. Untuk pewaris tahta bukan laki berdasarkan anak laki-laki pertama (male preference primogeniture) tetapi berdasarkan siapa yang lahir duluan (absolute primogeniture), tanpa memandang jenis kelamin. 
  2. Bagi anggota BRF yang menikah dengan seseorang beragama katolik dapat kembali ke garis pewaris tahta.
  3. Membatasi orang2 yang perlu ijin Raja/Ratu untuk menikah.
Berdasarkan aturan nomor 1 tersebut, Prince Louis menjadi pangeran pertama yang kedudukannya dibawah saudara perempuan (princess Charlotte), sehingga Prince Louis menjadi orang kelima untuk mewarisi tahta kerajaan Inggris dibawah kakek (Prince Charles), ayah (Prince William), dan kedua kakaknya (George & Charlotte).

Cukup sekian highlights tentang royal baby, untuk tulisan selanjutnya saya akan membahas Royal Wedding.

Nb. saya sertakan link tentang Perth Agreement & arti primogeniture




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Royal Baby

Seperti yang sudah diketahui, pada bulan September 2017, Kensington Palace memberikan pengumuman secara tertulis jika Prince George & P...