Selasa, 12 Juni 2018

Trooping The Colour 2018

9 Juni 2018 menjadi hari libur nih bagi masyarakat Inggris karena pada hari itu terdapat parade di Istana Buckingham. Parade tersebut disebut Trooping The Colour atau parade yang memperingati hari kelahiran Queen Elizabeth II (atau Raja / Ratu yang berkuasa / Official birthday of the British Sovereign). Sebenernya nih, Queen Elizabeth lahir pada 21 April 1926 tapi baru diadain perayaan bulan Juni karena pertimbangan musim. Di Inggris kalau bulan April masih dingin karena efek winter dan spring, sedangkan di bulan Juni dipastikan sudah hangat karena memasuki musim panas.

Nah sebenernya acaranya live lho, ada 2 stasiun TV yang melakukan live parade ini selama 3 jam full di youtube. Waktu itu saya nonton sekitar jam 4 sore (WIB) dan memang ga disangkal antusiasme warga maupun turis sangat tinggi untuk mengikuti parade itu. Siapa ga antusias lihat Queen Elizabeth dan keluarganya keliling kota naik kereta kuda? Ditambah kehadiran mantu anyar alias Meghan Markle hahahaha.

Dadah dulu sama mbak Meghan 

Nah saat Trooping The Colour ini seharusnya Queen Elizabeth ga naik kereta kuda tapi naik kuda. Tapi karena faktor usia, Trooping The Colour tahun 1986 menjadi tahun terakhir Queen Elizabeth keliling kota naik kuda. Lalu diganti dengan keliling kota naik kereta kuda. Kasian toh udah eyang eyang disuruh naik kuda

Trooping the colour

Trooping the colour 2018

Biasanya nih Queen Elizabeth ditemani suaminya saat naik kuda / kereta kuda, tetapi di awal tahun 2018 (lupa kapan) Prince Philip pensiun dari tugasnya sebagai pendamping jadi dia sudah tidak ikut segala macam acara kerajaan & parade Trooping the Colour (Parade aja ya, mungkin makan-makan di Istana Buckingham masih ikut). Faktor usia dan kesehatan yang menjadi pertimbangan, 10 Juni kemarin Prince Philip juga baru saja ulangtahun ke 97 fellas. Dia bisa dinobatkan jadi keluarga kerajaan laki-laki pertama yang mencapai usia segitu. Pasalnya nih banyak laki-laki anggota British Royal Family (atau disingkat BRF) yang mati muda karena hemofilia atau kanker.

Selain Prince Philip, anak-anak Queen Elizabeth (dan sepupunya) akan ikut naik kuda. Daftar nama-nama anggota BRF yang riding horse saat Trooping the colour yaitu:
  1. Prince Charles
  2. Prince William
  3. Prince Andrew (baru aja tahun 2018)
  4. Princess Anne
  5. Duke of Kent (udah ga karena usia)
  6. Duke of Gloucester (udah ga karena usia)
Nah pasti ada yang bingung, si William ikut tapi kok Harry enggak? Jawabannya adl yang ikut riding horse adalah para Colonel in Chief di tentaranya Inggris sedangkan Harry tidak menjabat sebagai Colonel in Chief so dia nggak ikut-ikutan riding horse, cukup duduk anteng di samping mbak Meghan aja. Sebenernya yang punya jabatan Kolonel itu ga hanya mereka ber 6 Prince Edward & istri, Camilla, juga memiliki jabatan yang serupa namun pemilihan nomor 4 teratas karena meraka adalah Colonels of the Household Division (bisa dibilang jabatan tertinggi yang ngurusin apalah-apalahnya Kerajaan).

Prince Edward, Prince WIlliam, Princess Anne

Nah kalau kalian masih penasaran tentara apa aja yang ikut parade, itu banyak banget (bisa lah dibaca di wikipedia). Tapi kalau parade lebih fokus ke anggota tentara yang njaga Istana atau ngurus kebutuhan Istana. Saking banyak dan lamanya orang yang berpartisipasi serta durasi waktu yang suwine pol (ngalahi upacara 17 san), beberapa anggota royal household yang ikut parade pingsan. Namanya juga manusia, harus berdiri berjam-jam bisa aja pingsan sewaktu-waktu. Apalagi ini bukan upacara yang bisa nyari ganti kalau sakit. 

Nah biasanya yang dinanti-nanti oleh masyarakat dan turis itu tampilnya BRF di balkon Istana Buckingham Palace. Untuk tahun ini, mereka 2x tampil. Tampil pertama ga lengkap karena beberapa masih ikut parade. Tampil kedua udah lengkap. Nah tampil yang kedua ini ada kejadian lucu sih
  1. Princess Charlotte saking girangnya jatuh dari kursi tempat dia berdiri
  2. Prince George dibungkam sama Savanah Philip (cucunya Princess Anne) gara-gara dia mau nyanyi National Anthem


Mama Kate to the rescue

Charlotte, Savanah, George

Pasti ada yang tanya juga, anaknya William kan 3 kok yang keliatan cuman 2? Sayangnya Prince Louis baru berumur 18 minggu sehingga tidak memungkinkan untuk ikut tampil di balkoni atau acara kerajaan apapun. Prince Louis juga ga ikut waktu Om Harry nikah. 

Outfit yang dipake Kate Middleton:
  • Dress : Alexander McQueen
  • Hat : Juliette Botterill
  • Jewelry : Kiki McDonough
Outfit yang dipake Meghan Markle
  • Dress : Carolina Herrera
  • Hat : Philip Treacy


Kate and Meghan ootd
Sebenernya sih pengamat fashion dan juga pengamat kerajaan mengatakan bahwa Meghan "break the rules" karena dia menggunakan "cut-off shoulder dress" dan "revealing too much"tapi tetep elegan. Semoga mbak Meghan nggak dimarahin Queen Elizabeth karena nglanggar aturan berpakaian yes. 

Cukup sekian highlights dari Trooping The Colour 2018!
Happy Birthday to the Queen, long live the Queen, and God save the Queen!








BYE!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Royal Baby

Seperti yang sudah diketahui, pada bulan September 2017, Kensington Palace memberikan pengumuman secara tertulis jika Prince George & P...